Selasa, 24 Mei 2016

Alat Tangkap Ikan Sodok

Alat Tangkap Ikan Sodok
http://supriantopakarti.blogspot.co.id/ Sodok adalah kelompok pukat dorong. Dalam pengoperasiannya jarring dibentangkan dalam air dengan menggunakan kerangka bambu atau kayu ataupun rotan. Sodok adalah pukat dorong yang berbentuk kerucut. Disekitar jarring terbuat bisa dari bambu ataupun rotan. Bambu yang digunakan berdiameter 3 cm dengan panjang sisi kanan dan kiri bambu 207 cm yang terdiri dari panjang rangka untuk jaring 172 cm dan sisanya 35 cm sebagai pangkal untuk memegang jaring. Pada alas jaring juga diberikan bambu untuk membuka jarring dengan ukuran 176 cm.
Sodok merupakan alat tangkap sederhana yang dalam pengoperasiannya menggunakan tenaga manusia dan umumnya para nelayan menggunakan sodok di daerah yang dangkal dan berlumpur. Sodok bisa digunakan pada malam hari dengan menggunakan alat bantu lampu. Alat ini digunakan tanpa menggunakan perahu (perahu hanya digunakan saat fishing ground).
Pengoperasian sodok dilakukan dengan tenaga manusia dan bisa dilakukan perorangan, tidak menggunakan perahu. Bisa menggunakan perahu dengan catatan hanya sebagai finishing saja, maksudnya ketika menggunakan perahu sodok hanya untuk memindahkan hasil tangkapan setelah hauling. Kedalaman maksimal sodok 1-1,5 meter dan digunakan nelayan untuk menangkap ikan di daerah berlumpur dan dangkal.
Dalam metode pengoperasian yang tidak menggunakan perahu, dengan cara membuka sisi jarring dengan mendorongnya kedasar permukaan. Alat ini bisa digunakan pada siang hari maupun malam hari. Pada malam hari sodok dalam pengoperasian dibantu dengan sejenis lampu petromaks atau yang lainnya. Mula-mula sodok didorong ke dasar permukaan, dan lampu petromaks ditempatkan diatas serok untuk menarik perhatian ikan agar ikan berkumpul disekitar daerah yang akan diserok. Kemudian setelah berkumpul, lampu petromaks dimatikan agar ikan tidak berpencar dan tetap berada disekitar daerah tersebut. Setelah itu, sodok diangkat perlahan-lahan lalu ketika sudah mendekati permukaan kecepatan penangkapan ditingkatkan.
Hasil tangkapan menggunakan sodok umumnya adalah ikan lele (Clarias batrachus), ikan bawal (Pampus argenteus), ikan teri (Stolephorus sp), ikan lemuru (Sardinella lemuru), udang, ikan gurameh (Osphronemus gouramy), dan kelompok ikan pelagis kecil lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar