Selasa, 24 Mei 2016

Alat Tangkap Ikan Jaring Insang (Gill Net)

Alat Tangkap Ikan Jaring Insang (Gill Net)
http://supriantopakarti.blogspot.co.id/ Gillnet adalah jaring yang berbentuk empat persegi panja
ng, mempunyai mata jaring yang sama ukurannya pada seluruh jaring, lebar jaring lebih pendek jika dibandingkan dengan panjangnya, dengan perkataan lain jumlah mata ke bawah lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah mata pada arah panjang jaring. Lembaran-lembaran jaring pada bagian atas dilekatkan pelampung dan pada bagian bawah dilekatkan pemberat. Dengan menggunakan dua gaya yang berlawanan arah yaitu daya apung dari pelampung yang bergerak menuju ke atas dan gaya tenggelam dari pemberat ditambah dengan berat jaring dalam air yang bergerak menuju bawah, maka jaring akan terentang (Ayodhyoa, 1981).
Penentuan lebar jaring didasarkan antara lain atas pertimbangan terhadap dalamnya swimming layer dari jenis-jenis ikan yang menjadi tujuan penangkapan, density dari gerombolan ikan dan sebagainya, sedangkan panjang jaring tergantung pada situasi operasi penangkapan, volume kapal, dan sebagainya. Jumlah piece yang dipergunakan akan berpengaruh pada besar kecilnys catch yang mungkin akan diperoleh (Sudirman dan Mallawa, 2000).
Pada kedua ujung jaring diikatkan jangkar, sehingga letak jaring akan tertentu. Hal ini sering juga disebut set bottom gill net. Karena jaring ini direntangkan dekat pada dasar laut, maka dinamakan bottom gill net, berarti jenis-jenis ikan yang menjadi tujuan penangkapan ialah ikan-ikan dasar (bottom fish) ataupun ikan-ikan demersal. Posisi jaring dapat diperkirakan pada float berbendera/bertanda yang diletakkan pada kedua belah pihak ujung jaring, tetapi tidaklah diketahui keadaan baik buruknya rentangan jaring. (Sudirman dan Mallawa, 2000).

Daerah penangkapan dari bottom gill net meliputi perairan pantai, teluk, muara sungai, perairan dalam tergantung kepada ikan yang menjadi tujuan utama penangkapan. Hasil tangkapan dari bottom gill net yaitu ikan demersal seperti ikan kerapu, ikan bawal, ikan kakap, lencam, ikan merah dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar