Selasa, 24 Mei 2016

Alat Tangkap Ikan Pancing Ulur (Hand Line)

Alat Tangkap Ikan Pancing Ulur (Hand Line)
http://supriantopakarti.blogspot.co.id/ Dari berbagai jenis line fishing, maka pancing ulur (hand line) memiliki struktur dan cara operasi yang paling sederhana. Struktur alat terdiri atas tali pancing (lines), pancing (hook), dan umpan (bait). Ukuran mata pancing dan besarnya tali disesuaikan dengan besarnya ikan yang menjadi tujuan penangkapan. Jenis tali yang umum digunakan ialah tali monofilament dengan diameter yang berbeda-beda menurut jenis ikan. Panjang tali disesuaikan dengan kedalaman renang (swimming layer) ikan tujuan penangkapan. Alat tangkap ini dilengkapi dengan pemberat yang terbuat dari timah. Perahu yang digunakan berukuran kecil, terbuat dari kayu, kadang menggunakan mesin atau layar (Mallawa, 2012).
Dibandingkan dengan alat-alat penangkapan ikan lainnya alat pancing inilah yang prinsipnya tidak banyak mengalami kemajuan. Karena hanya melekatkan umpan pada mata pancing, lalu pancing diberi tali. Dalam teknisnya banyak mengalami kemajuan, misalnya benang yang dipakai berwarna sedemikan rupa sehingga tidak tampak dalam air, umpan diberi bau-bauan sehingga dapat memberikan rangsangan untuk dimakan, bentuknya diolah sedikian rupa sehingga menyerupai umpan yang umum disenangi oleh ikan yang menjadi tujuan penangkapan secara alamiah (Sudirman, 2013).
Cara operasi pancing tangan sangat sederhana, yaitu setelah sampai di perairan yang diyakini banyak ikan nelayan memasang umpan pada mata kail yang tersambung dengan tali. Tali diulurkan kedalam perairan sampai kedalaman tertentu, yaitu kedalaman yang diperkirakan sebagai kedalaman renang ikan tujuan penangkapan. Setelah ikan memakan umpan yang ditandai dengan adanya sentakan-sentakan kecil pada tali pancing, tali pancing dihentakkan untuk membuat mata pancing terkait pada bagian mulut ikan, tali pancing ditarik dan ikan akan tertangkap (Mallawa, 2012).

Hasil tangkapan pancing tangan bervariasi tergantung ukuran mata pancing, namun umumnya adalah ikan yang termasuk kedalam kelompok carnivore (pemakan daging) seperti cakalang, tongkol, tuna, kerapu, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar